Subscribe:

Footer Widget 1

Texts

Pages

Blogger Tricks

Recent Post

Slider(Do not Edit Here!)

Navigation (Do not Edit Here!)

Sunday, September 5, 2010

Transformasi UNP Menuju Universitas Unggul & Berdaya Saing


(sebelum editing)

Ide awal tulisan ini beranjak dari memberikan sedikit gagasan saya terhadap rencana penyusunan rencana strategis UNP 2010-2014. Sepenggal kata di atas menjadi asa & harapan UNP menurut saya dalam rencana strategisnya pada 2010 -2014 ke depan. Universitas Negeri Padang yang telah beranjak menjadi universitas besar & terkemuka di mata Nasional, tercatat UNP sebagai 10 PTN terfavorit dalam SNMPTN 2010 & 50 perguruan tinggi yang menjanjikan, atau 50 Promising Indonesian Universities yang dirilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Butuh perencanaan yang tersistem & terukur dalam pencapaiannya rencana strategsinya.

Perencanaan strategis merupakan proses pemilihan tujuan organisasi, penentuan kebijakan dan program yang perlu, untuk mencapai sasaran tertentu dalam rangka mencapai tujuan, dan penetapan metode yang perlu untuk menjamin agar kebijakan dan program strategis tersebut terlaksana. Berbagai teknik analisis bisnis dapat digunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 1 September 1954, UNP telah mengalami banyak perubahan. Dalam sejarah perkembangannya, perubahan demi perubahan yang terjadi meliputi bukan saja nama dan tempat kedudukannya, tetapi juga status serta program program pendidikan yang dikembangkannya, sesuai dengan kebijakan untuk memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan di tanah air. Perubahan ini dapat diklasifikasikan dalam lima periode, yaitu periode PTPG Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Bukittinggi di Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Padang, periode IKIP Jakarta Cabang Padang, periode IKIP Padang dan periode UNP.

Sebelum kita berbicara banyak terhadap gagasan Renstra kedepan hal yang mesti kita lakukan terlebih dahulu melakukan evaluasi pencapaian Renstra UNP 2007-2011. Dari sudut pandang saya dapat kita lihat bersama dengan melihat sistemastis penyusunan renstra & menilai dari 3 kebijakan pokok Pembangunan Pendidikan Nasional sebagaimana tertuang dalam Renstra Pendidikan Nasional 2005-2009 yaitu, (a) bidang pemerataan dan perluasan akses pendidikan. (b) bidang mutu, relevansi dan daya saing serta (c) bidang tatakelola, akuntanbilitas dan pencitraan publik. Dalam penyusunan Renstra 2007-2001 ini, kalau kita lihat bersama dari isinya terlelu minimalis, bahasa yang dipakai cenderung nomatif, standar ukuran keberhasilan tidak terlihat, & belum menggambarkan kondisi UNP seutuhnya.

Untuk penilaian dari pokok pembangunan pendidikan nasional, untuk (a) bidang pemerataan dan perluasan akses pendidikan, UNP masih lemah dalam penguatan pendidikan akademik, profesi, maupun vokasi terlihat dari pengembangan kurikulum yang belum sepenuhnya mengacu pada standar pendidikan tinggi, kemajuan IPTEK & tantangan globalisasi, penambahan program studi baru yang cenderung dipaksakan, tidak melihat ketersedian sarana & prasana perkuliahan & sumber daya dosen, pembangun sarana & prasana yang menunjang perkuliahan & aktivitas kemahasiswaan yang masih dikatakan kurang, apalagi diperparah dengan Gempa 30 September 2009, yang hampir merusak setengah dari sarana & prasana perkuliahan

(b) bidang mutu, relevansi dan daya saing, dapat kita melihat kurang maksimalnya kinerja dari Badan Penjamin Mutu Internal Universitas dalam melakukan evaluasi terhadap program studi yanga ada, tak jelasnya program studi unggulan, baik di proram studi kependidikan & non kependidikan, belum maksimalnya peningkatan mutu pembelajaran mahasiswa, baik di kelas, laboratorium, praktik lapangan & penulisan jurnal ilmiah, Minimnya program-program dari UNP dalam meningkatkan lulusan dalam memperoleh pekerjaan, masih sedikitnya tenaga pengajar/dosen yang memperoleh HAKI terhadap penelitian & pengabdian masyarakat mereka, minimnya perkembangan & prestasi dari sekolah laboratorium pembangunan UNP, masih terbatasnya kemampuan tenaga pengajar & administrasi UNP dalam menggunakan fasilitas ICT, masih minimnya ketersedian buku teks & jurnal, masih belum maksimalnya ketersedian beasiswa untuk mahasiswa, kinerja unit-unit dalam lingkungan UNP yang belum dirasakan manfaatnya & minimnya peningkatan pelayana n & sosialisasi di mahasiswa UNP.

(c) bidang tatakelola, akuntanbilitas dan pencitraan publik, masih minimnya sarana & prasarana perkuliahan, aktivitas kemahasiswaan & untuk tenaga pendidik & administrasi UNP, kurang terpeliharanya suasana kampus yang nyaman, aman & kebersamaan dengan kasus-kasus yang terjadi di lapangan selama ini, masih sedikitnya fakultas dalam penerapan ISO 9001:2008 & minimnya penerapan standar ISO di beberapa fakultas & badan-badan yang ada, aset-aset UNP yang masih bisa dimanfaatkan oleh umum, masih minimnya sumber pendapatan UNP dari badan usaha & fasilitas baru, belum teraturnya pemilihan kepemimpinan organisasi kemahasiswaan n baik universitas & fakultas, program-program kegiatan kemahasiswaan yang masih belum maksimal mengaktulisasikan potensi mahasiswa, belum maksimalnya terjalin hubungan yang saling menghargai, kerjasama & kekeluargaan antar organisasi kemahasiswaan.

Berpedoman kepada peraturan perundang-undangan, materi Renstra terdahulu dan hasil-hasil pengembangan yang telah dicapai serta kondisi UNP dewasa ini, Renstra yang baru (tahun 2010-2014) perlu disusun. Renstra Tahun 2010-2014 ini memuat arahan dan substansi yng merupakan kesinambungan dan penyempurnaan dari Renstra sebelumnya.

Dalam visi UNP nantinya ialah Menuju Universitas Unggul & Berdaya Saing. Dengan Misi, (1). Unggul dalam penyelenggaran program-program pendidikan akademik, profesi dan vokasi yang bermutu tinggi sesuai kebutuhan dan tuntutan pembangunan serta berdaya saing internasional, (2). Unggul dalam penyedian tenaga pendidik, tenaga administrasi & sarana prasarana dalam mendukung terwujudkan aktivitas perkuliahan & kemahsiswaan yang berkompeten & profesional, (3). Unggul dalam program penelitian & pengabdian masyarakat bagi dosen & mahasiswa, (4). Unggul dalam penyelenggaraan aktivitas kemahasiswaan dalam mewujudkan insan muda yang kreatif, mandiri, visoner & religius.

Berdasarkan strategi & arah kebijakan pembangunan pendidikan 2010-2014, program Pendidikan Tinggi bertujuan untuk, (a). Perluasan dan pemerataan akses pendidikan tinggi bermutu, berdaya saing internasional, berkesetaraan gender dan relevan dengan kebutuhan bangsa dan negara dilakukan melalui, (1) pemerataan dan perluasan akses prodi vokasi, profesi dan akademik,bermutu, berdaya saing internasional; (2) penyediaan dosen bermutu, berdaya saing internasional; (3) penyediaan dan perluasan akses PT bermutu, berdaya saing internasional ,berkesetaraan gender dan relevan dengan kebutuhan bangsa dan negara; (4) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, berdaya saing internasional, dan relevan dengan kebutuhan bangsa dan Negara. (b). Penguatan tata kelola dan sistem pengendalian manajemen di satuan kerja pusat dan pendidikan tinggi.

Kegiatan pokok dalam mendukung pemerataan dan perluasan akses prodi yang bermutu, berdaya saing internasional, dan relevan adalah 1) hibah peningkatan mutu; 2) peningkatan, penyediaan dan penguatan sarpras PTN dan poltek negeri; 3) peningkatan kualitas PT, relevansi dan revitalisasi prodi; 4) Implementasi PuP3B; 5) kompetisi olimpiade internasional; 6) peningkatan pendidikan dokter; 7) RS pendidikan; dan 8) olahraga pendidikan di PT.

Kegiatan pokok dalam mendukung penyediaan dosen bermutu, berdaya saing internasional adalah 1) peningkatan kualifikasi dosen DN; 2) peningkatan kualifikasi dosen LN; 3) sertifikasi dosen; dan 4) rekrutmen dosen. Selain itu akan dilanjutkan program-program 1) beasiswa prestasi; 2) bantuan kerja sama tri partit; 3) hibah penguatan manajemen institusi; dan 4) beasiswa miskin.
Kegiatan pokok dalam mendukung Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bermutu, Berdaya Saing Internasional, dan Relevan dengan Kebutuhan Bangsa dan Negara adalah 1) layanan E-Journal; 2) hibah penelitian; 3) hibah kompetensi; 4) penelitian hibah multi tahun; 5) penelitian dosen muda; 6) implementasi PuP3B; 7) penelitian unggulan strategis nasional; 8) pengabdian kepada masyarakat; 9) insentif sentra HKI; 10) akreditasi jurnal ilmiah.

Kegiatan pokok dalam mendukung penguatan tata kelola, sistem pengendalian manajemen di Satuan Kerja adalah 1) penyusunan Renstra, RKA-KL, laporan keuangan kementerian/lembaga, LAKIP satker; 2) pembinaan budaya kerja; 3) administrasi kepangkatan; 4) perencanaan; 5) pengendalian, pemantauan, dan evaluasi.

Dalam mendukung strategi & arah kebijakan dalam pendidikan tinggi, ada beberapa program & kebijakan yang harus diprioritaskan di Universitas Negeri Padang. Ini melihat dari situasi & kondisi UNP & mencontoh program & kebijakan dari beberapa perguruan tinggi terbaik di di Nasional.

Pertama, pasca gempa 30 September 2009 lalu telah banyak merusak sarana & prasana perkuliahan, aktitas kemahasiswaan, tenaga pendidik & administrasi di UNP, maka oleh itu pembangunan kembali & penambahan sarana & prasana menjadi prioritas utama, seperti penambahan lokal perkuliahan dengan daya tampung maksimal 40 orang per kelas, laboratorium, ruang ICT & Wi Fi di ruangan & taman, gedung PKM yang terintegrasi baik di Universitas & di fakultas, lapangan parkir yang luas & ruang hijau yang tersebar di setiap fakultas.

Kedua, peningkatan mutu masing-masing jurusana melalui evaluasi & program EBSBED dengan memanfaatkan Badan penjamin mutu internal dari tingkat Universitas sampai dengan program studi sesuai dengan standar mutu yang diterapkan Dirjen Dikti, agar meningkatnya jumlah program studi terakreditasi yang lebih tinggi & terwujudnya prodi unggulan bertaraf nasional & internasional, serta meningkatnya mutu lulusan dengan rentang masa studi yang singkat.

Ketiga, meningkatkan program sertifikasi pendidik, baik dalam tataran prajabatan maupun dalam jabatan sesuai dengan peraturan perundangan dan tuntutan masyarakat serta proporsi Dosen S2, S3 serta Guru Besar yang semakin banyak & berkualitas.

Keempat, menjadikan sekolah laboratorium memenuhi prasyaratan untuk praktik, percontohan, pengembangan IPTEKSA yang memenuhi standar nasional pendidikan & menjadi sekolah unggulan di Sumatera Barat,

Kelima, meningkatkan penyelenggaraan penelitian & pengabdian masyarakat oleh dosen mahasiswa melalui kemudahan dalam penyusunan proposal, akses terhadap sasaran kegiatan serta sumber pembiayaan, penulisan laporan, serta pemanfaatan hasil kegiatan lebih lanjut, sampai dengan diperolehnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), seperti memanfaatkan peluang hibah penelitian, hibah kompetensi, penelitian hibah multi tahun, penelitian dosen muda, implementasi PuP3B, penelitian unggulan strategis nasional, pengabdian kepada masyarakat, insentif sentra HKI, akreditasi jurnal ilmiah. Untuk di kalangan mahasiswa, mengagendakan kembali Kuliah kerja Nyata (KKN), peningkatan program workshop karya tulis ilmiah & pengumpulan karya tulis ilmiah dalam mempersiapkan kontingen UNP dalam PIMNAS, & Membuat E-Journal sendiri bagi jurnal dari Mahasiswa & dosen agar memudahkan publikasi & ketermanfaatan jurnal tersebut untuk khalayak umum.

Keenam, peningkatan dalam mahasiswa mendapatkan beasiswa dari berbagai sumber seperti pemerintah pusat dan daerah, yayasan, perusahaan dan bantuan langsung dari UNP, dengan mekanisme seleksi yang selektif & transparan.

Ketujuh, menjadi kampus berpredikat UNP Go Green, sebagai bentuk mewujudkan kampus yang bersih dari berbagai sampah, & memiliki ruang hijau yang ada di setiap fakultas & sudut kampus, untuk menimbulkan rasa kenyamanan dalam melaksanakan aktivitas perkuliahan & kemahasiswaan.

Kedelapan, menerapkan sistem penilaian aktivitas kemahasiswaan disetiap mahasiswa agar terwujudnya peningkatakan aktivitas kemahasiswaan & pengembangan soft skill mahasiswa, yang nantinya akan menjadi salah satu prasyarat wisuda.

Kesembilan, mendukung terselenggaranya Kongres mahasiswa UNP, sebagai bentuk forum musyawarah tertinggi ormawa UNP yang di fasilitatori oleh MPM UNP, sebagai bentuk penyusunan kembali tata aturan organisasi kemahasiswaan menuju Student Good Governance.

Kesepuluh, peningkatan program mahasiswa kewirausahaan untuk mewujudkan insan muda yang mandiri & kreatif, dengan program rutin kuliah umum kewirausahaan, pembinaan usaha & bantuan permodalan.

Kesebelas, mengagendakan kegiatan pekan kreatifitas mahasiswa dalam kalender akademik, sebagai ajang kreatfitas dari mahasiswa dari berbagai jurusan, dan ormawa UNP dalam momentum HUT UNP setiap tahunnya.

Keduabelas, mengikutsertakan keterlibatan mahasiswa dalam penyusuana program kemahasiswaan universitas & fakultas serta keterlibatan mahasiswa dalam pemilihan pimpinan universitas & fakultas.

Ketigabelas, menerapkan standar ISO 9001:2008 disetiap fakultas, badan, & unit di selingkungan UNP

Terakhir, pengembangan fasilitas & usaha baru dalam menambah pendapatan UNP, seperti penyewaan Bus kampus, Ruang Seminar, Koperasi Pegawai, Sekolah Laboratorium, Galeri souvenir UNP, dll.

Begitulah gagasan saya terhadap penyusuanan renstra UNP 2010-2014. Semoga asa & harapan kita untuk mewujudkan UNP menjadi Universitas yang Unggul & berdaya saing menjadi suatu kenyataan nantinya. Butuh dukungan dari berbagai pihak, baik pimpinan universitas & fakultas, dosen, mahasiswa, pemerintah daerah & masyarakat umum.

Edo Andrefson
Sekretaris Jenderal BEM UNP 2010
Eko. Pemb/2007)

2 comments:

  1. Hidup UNP !!!
    Mahasiswa ikut andil terbesar dalam kemajuan UNP ke depan, terus berkreativitas dan Tetap suarakan kebenaran dan Dakwah Islam...

    :)

    ReplyDelete