Subscribe:

Footer Widget 1

Texts

Pages

Blogger Tricks

Recent Post

Slider(Do not Edit Here!)

Navigation (Do not Edit Here!)

Thursday, March 18, 2010

Cuplikan wawancara dengan wartawan ANTARA terkait kedatangan Obama ke Indonesia


Wawancara ini berlangsung di Sekretariat BEM UNP, 18 maret 2010, jam 2.25 WIB. Kedatangan Obama ke Indonesia menjadi sorotan semua public. Wartawan ANTARA, Meiriza Paramita dengan Edo Andrefson( Sekretaris Jendral BEM UNP 2010),


Inilah cuplikannya,,

Mita : menurut pendapat anda sebagai mahasiswa terhadap kedatangan Obama ke Indonesia sendiri seperti apa, karna belakangan ini banyak aksi demonstrasi penolakan terhadap kedatangan Obama..

Edo : menurut pandangan saya pribadi, substansi kedatangan Obama ke Indonesia dalam upaya mengokohkan hubungan antara Amerika-Indonesia, dlam arti kata hubungan Amerika dengan Muslim Indonesia yang merupakan mayoritas penduduk Islam terbesar di Dunia, membangun kerjasama dalam pembangunan Indonesia sekalian dengan bernostalgia ke tempat dimana ia pernah tinggal dan sekolah. Berarti, kedatangan Obama bertujuan baik, dalam pemahaman ke Islaman saya, islam sangat menghargai n menghormati tamu, walaupun itu seorang non muslim. Trus dalam pemahaman saya, kita melihat & menyadari Amerika merupakan Negara Adikuasa yang menginvasi Negara-negara muslim seperti Irak, Afghanistan, Palestina, dll. Dan, UUD 1945, telah mengamanatkan “bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan”, tapi saya memandang ini upaya baik Amerika dalam membangun hubungan baik itu, klw seandainya kita menolak dan mmberikan kesan buruk, ini memberikan kesan tidak baik bagi Obama, dan Amerika semakin tidak respek akan Negara Islam, dan nantinya dalam forum pertemuan nanti, para tokoh islam berbicara kepada Obama, untuk memberikan kritik atas invasinya terhadap Negara Islam, saya rasa itu lebih baik, daripada turun aksi ke jalan.

Mita : Apa sih keuntungan bagi dunia pendidikan atas kedatangan Obama ke Indonesia?

Edo : Kunjungan Obama ke Indonesia, ini memberikan sinyal positif hubungan Indonesia-Amerika telah membaik, untuk diketahui saja, Amerika sudah sjak lama mencabut Travel Warning bagi negaranya ke Indonesia, Pelajar Indonesia di Amerika dari tahun ke tahun semakin turun, harapan kita dengan membaiknya hubungan ini, bisa menambah minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi ke Amerika, trus kita mengharapkan adannya beasiswa studi/magang dari Amerika untuk Indonesia.

1 comment: